5 Tips Cara Memulai Karir Freelancer l Bisnis Online Bekerja dari Rumah 2020

Saat ini banyak pekerja Freelancer yang dapat kita jumpai, dimanapun dan kapanpun. Banyak orang ingin memulai bekerja sebagai Freelancer sebagai penghasilan sampingan, bahkan banyak juga mahasiswa yang mencari job freelancer untuk tambahan uang jajan.

Keuntungan pekerja freelancer cukup banyak, mulai dari waktu, tempat, dan bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing individu, dan yang paling utama yaitu kita bekerja tanpa memiliki bos, karena freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat oleh perusahan atau suatu bisnis milik orang lain.

Baca Juga:
 8 Bisnis Online Freelance Writer Bekerja di Rumah Tanpa Modal 2020
9 Situs Freelance Terbaik 2020 Bisnis Online Bekerja dari Rumah Tanpa Modal




Dan kali ini saya akan membahas tentang 5 Tips Cara Memulai Karir Freelancer l Bisnis Online Bekerja dari Rumah. 


5 Tips Cara Simple Memulai Karir Menjadi Free Lancer 

  1. Jasa apa yang akan anda tawarkan 

    Tentukan jasa apa yang akan anda tawarkan. Baik itu anda seorang penulis, designer, fotografer, guru, ilmuan, bahkan tukang pengrajin kayu sekalipun, apapun itu, semua dapat menjadi pekerjaan freelance untuk anda. Pertama-tama buatlah daftar tentang apa yang anda minati dan apakah keahlian anda, Segala sesuatu yang anda pikir anda mampu menghasilkan uang dengan ketrampilan tersebut.

    Cukup tulis dengan bebas ketrampilan yang muncul dikepala anda tanpa menghapusnya. Buat daftar semua yang anda pikir anda kuasai, terlepas dari apakah anda pernah mendengar freelancer kerjakan atau tidak. Jangan batasi diri anda sebelum anda memulainya.
  2. Tentukan Target Pasar Anda

    Setelah anda menentukan keahlian anda pada bidang apa-apa saja, yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu anda harus melakukan riset atau penelitian pada pasar anda. Artinya dengan keahlian yang anda miliki tersebut, siapa saja yang kira-kira membutuhkannya, serta dimana anda bisa menjangkau mereka. Kebanyakan freelancer saat ini menggeluti bidang bisnis online, karena pasar-pasar di Indonesia saat ini masih sangat menggiurkan bagi para freelancer.

    Riset tersebut nantinya bisa mencakup segalah hal yang anda butuhkan nantinya. Dari riset ini nantinya anda bisa mempersiapkan diri, apa saja yang yang dibutuhkan dari menjalani profesi sebagai freelancer.
  3. Tentukan Tarif dan Waktu Anda

    Tentukan berapa tarif perjam atau perprojek jasa anda yang masuk akal. Jika bingung, kalian juga bisa melihat berapa tarif pesaing kalian. Yang perlu diingat disini, saat anda sudah memiliki pengalaman kerja, maka anda dapat menaikkan tarif jasa anda.


    Tentukan juga berapa jam anda ingin atau perlu bekerja dalam sehari. Salah-satu tantangan dari pekerjaan frelancer adalah mengatur waktu kerja. Dimana anda bisa saja kehilangan pelanggan potensial hanya karena sering tidak tepat waktu.
  4. Buat Portofolio Online

    Saat pertamakali mulai sebagai freelancer, kalian mungkin tidak akan memiliki banyak portofolio atau contoh pekerjaan  untuk ditampilkan di awal. Untuk membangun portofolio atau resume. Kalian harus mengambil setiap kesempatan yang dimiliki untuk menunjukkan kemampuan kalian.

    Kalian bisa memulai dengan mengambil pekerjaan freelance dengan harga yang murah atau bahkan gratis di awal, untuk membangun portofolio atau contoh pekerjaan . Dari pengalaman ini, nantinya dapat membantu kalian untuk belajar serta memberi anda testimoni dari pelanggan sebelumnnya.

    Upload portofolio dan testimoni anda di media sosial seperti : Facebook, Twitter, Instagram, agar pelanggan bisa melihat hasil kerja anda sebelumnya yang telah kalian dapatkan. Jika kalian ingin terlihat lebih profesional lagi, kalian bisa membangun website pribadi berisi portofolio kalian.
  5. Pasarkan Jasa Anda

    Ada banyak cara mudah dan gratis untuk memasarkan keahlian anda dan mendapatkan pelanggan sebagai freelancer. Setelah membuat portofolio berupa website, twitter, instagram, facebook dll. Semakin mudah anda ditemukan maka akan semakin baik, ketika anda melamar pekerjaan dan mengirimkan resume, anda dapat membagikan link portofolio anda di media sosial yang telah kalian buat. ini memungkinkan pelanggan anda mengecek portofolio atau hasil pekerjaan kalian sebelumnya dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel