Google Scholar Memudahkan Kalian Mencari Referensi Tugas

Semua manusia pasti akan selalu membutuhkan informasi. Manusia cenderung akan terus mencari informasi-informasi terbaru untuk berbagai hal. Entah itu informasi Teknologi, Fotografi, Informatika, Biologi, dll.

Terlebih lagi, informasi sangat dibutuhkan bagi mahasiswa untuk mencari referensi penelitian. Karna pada penelitian dibutuhkan referensi dari buku, jurnal, karya ilmiah, dan bahkan web pun bisa dijadikan referensi.

Dalam hal ini, Google menyediakan sebuah fitur yang bernama Google Scholar atau Google Cendekia. Fitur dari Google Scholar ini sangat bermanfaat bagi kita. Google Scholar memiliki layanan yang serupa dengan' perpustakaan digital'. Kalian bisa mengakses banyak referensi dan informasi seputar buku, tulisan, karya ilmiah, penelitian dan berbagai sumber akademik yang pastinya sudah terdata pada layanan ini.



Google Scholar adalah search engine (mesin pencarian) yang gratis dengan susunan indeks tersusun rapi berdasarkan teks lengkap atau metadata dari literatur akademik lintas disiplin.

Dirilis pada November 2004, Google Scholar mampu dengan aktif mendaftarkan berbagai indeks dari  karya ilmiah, skripsi, tesis makalah dll, bahkan mencakup abstrak dari berbagai karya akademik yang belum pernah dipublikasikan.

Cara Menggunakan dan Mengakses Google Scholar atau Google Cendekia


Cara mengakses Google Scholar cukup mudah, caranya yaitu :
Pertama, buatlah akun Gmail.

Jika kalian sudah membuat Gmail, selanjutnya ketikkan http://scholar.goole.co.id pada Browser kalian.

Kemudian anda akan harus mengisikan biodata And.

Kemudian Pada halaman beranda, Kalian bisa isi url milik Anda, kemudian klik berikutnya.

Input nama, dan pilihlah artikel yang telah diterbitkan oleh institusi.

Maka hasil pencarian akan muncul sesuai homepage yang telah diisi pada profil sebelumnya.

Kalian bisa menyesuaikan hasil search dengan masuk di bagian pengaturan dan input apa saja yang Kalian butuhkan, misal seperti bahasa, jumlah tampilan dalam pencarian, dll.

Jika sudah selesai, maka kalian bisa melakukan pencarian Google Scholar dengan luas.

Kalian juga bisa memanfaatkan Google Scholar untuk :

  1. Perpustakaan Pribadi 

    Pada saat kalian melakukan pencarian, kalian dapat menyimpan sebuah artikel yang sudah kalian cari ke  perpustakaan pribadi anda. Caranya cukup mudh, hanya dengan klik tombol ikon berbentuk bintang yang berada di bawah hasil pencarian.
  2. Mengikuti artikel terbaru

    Kalian dapat mengatur opsi notifikasi atau alert jika ada hasil pencarian terbaru yang berkaitan dengan kata kunci yang spesifik. Caranya cukup mudah,  pilihlah menu Alerts dengan simbol amplop pada sidebar. Kemudian klik Create alert dan masukkan kata kunci kalian di Alert query.
  3. Menemukan Artikel Terkait

    Kalian bisa menemukan artikel terkait dengan mudah. Caranya dengan klik tautan "Related articles" yang berada di bawah artikel. Nantinya kalian bisa mendapatkan hasil pencarian yang terkait dengan artikel utama yang sedang kalian cari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel